Inspeksi Mendadak Kepala Badan Pengawas MA RI

SELASA (02/01/2018) sekira pukul 09.00 pagi mendadak masuk mobil Toyota Camry ber-plat B ke pelataran parkir halaman depan Pengadilan Agama Temanggung. Umumnya mobil tidak dapat masuk ke dalam halaman depan kantor karena terbatasnya lahan sehingga cukup membuat terkejut petugas jaga Pengadilan Agama Temanggung. Ternyata tamu yang tak disangka tersebut adalah Nugroho Setiadji, SH yang merupakan Kepala Badan Pengawasan (Bawas) Mahkamah Agung RI beserta 2 anggota tim yang datang untuk menginspeksi Pengadilan Agama Temanggung.

Setelah melaporkan diri kepada Petugas Informasi Kepala Bawas dipersilahkan untuk transit di Ruang Ketua dan kemudian disambut oleh Amrizal, SH (Plh Ketua), Mokhammad Miftah, S.Ag (Panitera), Wasis Khasana, S.H.I. (Plt. Sekretaris) dan beberapa pejabat struktural lain. Disampaikan oleh Kepala Bawas selaku Ketua Tim Sidak bahwa kedatang mereka untuk mengetahui bagaimana tingkat kedisiplinan para pegawai serta pengelolaan meja informasi dan pengaduan. Oleh karena itu tim nanti akan mengambil beberapa data seperti cetak absensi dari finger scan, absensi manual, bukti formulir cuti bagi pegawai yang tidak berangkat hari ini, DUK, formulir informasi, formulir pengaduan dan dokumen-dokumen lain.

Dalam inspeksi tersebut yang bertepatan dengan hari pertama setelah libur awal tahun tersebut, tidak diketemukan ada hakim, pegawai maupun tenaga honorer yang datang terlambat. Kelengkapan izin cuti untuk pegawai yang cuti pada hari tersebut juga lengkap sehingga hal tersebut mendapat pujian dari tim. Mengenai kekurangan pegawai dan beberapa jabatan inti yang masih kosong pada Pengadilan Agama Temanggung menjadi bahan perhatian bagi Kepala Bawas dan akan disampaikan kepada Pengadilan Tinggi Agama maupun Dirjen Badilag agar bisa segera diisi formasinya.