Pembinaan Biro Keuangan Mahkamah Agung RI

Senin (24/09/2018) bertempat di Ruang Mediasi Pengadilan Negeri Temanggung diadakan Pembinaan oleh Biro Keuangan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI kepada Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Temanggung. Tim Pembina yang hadir dengan Surat Tugas Nomor ST-686/BUA.3/9/2018 tanggal 14 September 2018 tersebut dipimpin oleh Tumijo Joko Siswoyo, S.H., M.M. (Kasubbag Penilaian pada Biro Keuangan) dengan anggota Aris Nurul Wahyu Hidayah, A.Md (Staf Subbag Perbendaharaan pada Biro Keuangan), Susiyanto Joko Sulistiyo, S.H. (Staf PTA Semarang) dan Rohop Ogest Soritua Sinaga, S.H. (Staf PT Semarang).

Pembinaan tersebut diikuti oleh Tim Pengelola Keuangan Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Temanggung dengan fokus pembinaan pada pengelolaan belanja barang, belanja perjalanan dinas dan pengelolaan tunjangan kinerja. Dalam pembinaan yang lebih mirip dengan diskusi bersama itu, komunikasi berjalan dua arah. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan kepada Bapak Tumijo yang kebetulan adalah Pejabat Pembuat Komitmen pada Biro Keuangan MA RI yang cukup menjadikan pencerahan bagi Tim Pengelola Keuangan.

Pembinaan yang dimulai pukul 13.00 WIB tersebut baru bisa selesai sekira pukul 17.00 WIB karena banyaknya pertanyaan yang diajukan dan diskusi-diskusi permasalahan keuangan yang dialami satuan kerja di daerah. Setelah acara selesai, Tim melanjutkan perjalanan menuju satuan kerja selanjutnya yaitu Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Wonosobo yang dijadwalkan akan dilaksanakan pembinaan keesokan harinya. Sebelum berangkat ke Wonosobo, tim berkenan untuk mengunjungi Pengadilan Agama Temanggung terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi kantor Pengadilan Agama Temanggung.