Pemeriksaan Reguler Badan Pengawasan MA RI

Euforia kesuksesan Pengadilan Agama Temanggung memperoleh predikat A (Excelent) pada program SAPM yang diadakan Badan Peradilan Agama ternyata tidak bisa berlangsung lama. Jumat (13/07/2018) terima SAPM, Senin (16/07/2018) Pengadilan Agama Temanggung langsung mendapat ujian dengan didatangai oleh Tim dari Badan Pengawasan MA RI yang khusus datang ke Temanggung untuk melaksanakan pemeriksaan reguler.

Tim Pemeriksa yang datang berjumlah 4 orang yaitu Aswan Nurcahyo (Hakim Tinggi Pengawas Badan Pengawas MA RI / Ketua Tim), Muhammad Irfan Husaeni (Hakim Yustisial Badan Pengawasan MA RI), H. Mulyanto (Kasubbag Pemberhentian dan Pensiun Sekretariat Badan Pengawasan MA RI) dan Sutikno (Staf Sekretariat Badan Pengawasan MA RI). Dengan membawa Surat Tugas Nomor 404/BP/ST/VII/2018 tanggal 10 Juli 2018, Tim melaksanakan pemeriksaan selama 5 (lima) hari dari tanggal 16 s/d 20 Juli 2018.

Bagi Pengadilan Agama Temanggung, pemeriksaan mendadak ini cukup mengagetkan walaupun sifatnya reguler bukan pemeriksaan atas adanya aduan. Apalagi hari Kamis dan Jumat (12-13/07/2018) segenap unsur pimpinan yaitu Ketua, Panitera dan Plt. Sekretaris sedang melaksanakan dinas luar ke Balikpapan untuk menerima sertfikat SAPM.

Sebelum datang Tim Badan Pengawasan, Oktober 2017 Pengadilan Agama Temanggung sudah pernah diaudit oleh Badan Pemeriksaan Keuangan. Januari 2018 Pengadila Agama Temanggung juga diinspeksi mendadak langsung oleh Kepala Badan Pengawasan. Dengan demikian, Pengadian Agama Temanggung cukup siap untuk menghadapi pemeriksaan baik internal maupun eksternal.

Dalam ekspose yang dilaksanakan hari Kamis (19/07/2018) Tim Badan Pengawasan menyampaikan beberapa temuan baik itu dari sisi Manajerial, Pelayanan Publik, Teknis Pemberkasan maupun Kesekretariatan. Meski demikian tidak ada temuan mayor yang cukup fatal. Temuan yang ada adalah temuan yang wajar yang ditemukan pada beberapa Pengadilan yang lain.

Temuan tersebut diharapkan untuk diperbaiki sehingga kualitas pelayanan Pengadilan Agama Temanggung dapat jauh lebih baik lagi.