Penerimaan PPL Mahasiswa IAIN Purwokerto

Jumat (03/01/2019) pukul 09.00 WIB bertempat di Ruang Sidang 1 Pengadilan Agama Temanggung berlangsung acara Penyerahan PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) Mahasiswa IAIN Purwokerto kepada Pengadilan Agama Temanggung. Ini adalah momen pertama kalinya IAIN Purwokerto menempatkan mahasiswanya untuk magang di Pengadilan Agama Temanggung. Biasanya mahasiswa yang magang di Pengadilan Agama Temanggung sebatas dari kampus sekitar Temanggung seperti STAINU Temanggung atau Universitas Muhammadiyah Magelang, tidak sejauh ini dari Purwokerto.

Mahasiwa yang melaksanakan PPL pada Pengadilan Agama Temanggung ini adalah merupakan mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Purwokerto. Total terdapat 12 mahasiswa dari berbagai jurusan Fakultas Syariah IAIN Purwokerto yang ditempatkan di Pengadilan Agama Temanggung. Rencanya para mahasiswa akan melaksanakan PPL selama bulan Januari 2019. Bertindak sebagai ketua kelompok adalah M. Farhan Akmal yang merupakan mahasiswa jurusan Hukum Tata Negara.

Pada kesempatan serah terima ini, perwakilan dari IAIN Purwokerto dihadiri oleh Muhammad Fuad Zain, S.H.I, M.Sy yang sekaligus merupakan Dosen Pembimbing Lapangan mahasiswa. Dari Pengadilan Agama Temanggung diwakili oleh Panitera, Mokhamad Miftah, S.Ag, dan Panitera Muda Hukum, Dr. Rokhmat, M.S.I. mewakil Ketua Pengadilan Agama Temanggung yang sedang menjalani cuti.

“Kami dari IAIN Purwokerto menitipkan dan menyerahkan mahasiswa kami untuk dididik dan diberikan pengalaman lapangan kepada Pengadilan Agama Temanggung. Semoga segenap pimpinan Pengadilan Agama Temanggung dapat menerima dan memberikan pengalaman non akademis kepada para mahasiswa kami. Untuk para mahasiswa saya pesankan supaya jangan segan untuk belajar dan bertanya kepada para pegawai Pengadilan Agama Temanggung agar dapat memperoleh ilmu yang mungkin tidak bisa didapatkan di lingkungan kampus” ujar M. Fuad Zain dalam sambutannya.

Menimpali sambutan dari IAIN Purwokerto, Mokhamad Miftah S.Ag selaku Panitera Pengadilan Agama Temanggung menyampaikan bahwa Pengadilan Agama Temanggung menerima secara terbuka penempatan mahasiswa ini. Apalagi bisa dibilang para mahasiswa inilah yang nantinya menjadi generasi penerus pelaksana tugas pengadilan secara umum. Nantinya para mahasiswa akan diberikan materi dan praktek yang terkait dengan teknis peradilan, teknis administrasi perkara maupun teknis administrasi umum perkantoran sesuai jadwal yang akan disusun.

Setelah acara serah terima selesai dilaksanakan para mahasiswa berfoto bersama dengan Dosen Pembimbing Lapangan dan perwakilan pimpinan Pengadilan Agama Temanggung.