Pengantar Tugas Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Temanggung

Jumat (21/12/2018), Pengadilan Agama Temanggung mengadakan pengantar tugas bagi hakim dan pegawai yang mendapatkan SK mutasi keluar dari Pengadilan Agama Temanggung. Mereka adalah Drs. Taufiqurrochman, M.H. yang dimutasi menjadi Hakim Pengadilan Agama Kraksaan, Amrizal, S.H. yang dimutasi menjadi Hakim Pengadilan Agama Bukittinggi serta Waluyo Hadi Al Rasyid menjadi staf Pengadilan Agama Mungkid.

Dengan adanya mutasi ini sebenarnya kekuatan personel Pengadilan Agama Temanggung menjadi semakin berkurang, terutama pada tenaga teknis peradilan. Setelah mutasi maka tenaga Hakim pada Pengadilan Agama Temanggung hanya terdapat 2 orang saja yaitu Drs. Sunaryo, M.S.I. dan Drs. Baridun, S.H.. Dengan ditambah Ketua Pengadilan Agama Temanggung, maka Pengadilan Agama Temanggung hanya mempunyai 1 Majelis Hakim. Untuk posisi Wakil Ketua juga masih kosong sejak Agustus 2017 pasca promosinya Elvin Nailana, S.H., M.H. sebagai Ketua Pengadilan Agama Muara Bulian. Dengan jumlah perkara yang mencapai 2000 perkara pada tahun 2018 tentu ini merupakan sebuah problematika sendiri.

“Walaupun mutasi ini menimbulkan problematika namun kantor harus tetap jalan. Sidang harus tetap berjalan walaupun dengan Hakim Tunggal. Saya minta kepada Sekretaris untuk membuat permohonan izin Hakim Tunggal kepada Mahkamah Agung agar sidang yang diselenggarakan Pengadilan Agama Temanggung tidak cacat hukum” kata Drs. Moh. Mukti, Ketua Pengadilan Agama Temanggung, dalam sambutannya.

“Kepada para hakim dan pegawai yang mutasi, saya sampaikan selamat bertugas di tempat yang baru. Bawalah yang baik-baik dari Pengadilan Agama Temanggung untuk diterapkan di kantor yang baru, dan simpanlah apa yang buruk dari Pengadilan Agama Temanggung dalam hati saja sebagai bahan perbaikan. Titip salam untuk Ketua PA Kraksaan, PA Bukittingi dan PA Mungkid.” tambah Bapak Ketua lagi

Acara yang diikuti oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Temanggung beserta Dharmayukti Karini Pengadilan Agama Temanggung berlangsung dengan lancar dan diakhiri dengan pembacaan doa oleh Dr. Rokhmat, M.S.I. serta pemberian selamat kepada para pegawai yang mutasi.