Penjelasan Mengenai Standar Pada W3C

Penjelasan Mengenai Standar Pada W3C

Sebelum masuk pada penjelasan standar apa saja yang di buat oleh W3C , kita akan menjelaskan sedikit apa itu W3C.

World Wide Web Consortium (W3C) adalah suatu konsorsium yang bekerja untuk mengembangkan standar-standar untuk World Wide Web (http://www.w3.org/). Spesifikasi teknologi-teknologi utama yang dipakai sebagai basis utama web, seperti URL (Uniform Resource Locator), HTTP(Hypertext Transfer Protocol), danHTML (HyperText Markup Language) dikembangkan dan diatur oleh badan ini.
Misi dari W3C bertujuan untuk mendorong semua potensi penuh dari dunia web yang bisa dikembangkan dengan menyediakan protokol2 dan panduan2 untuk menjamin pertumbuhan jangka panjang dari web itu sendiri.
W3C dibuat pada 20 Oktober 1994 oleh Tim Berners-Lee, didirikan oleh Massachusetts Institue of Tekchnology (MIT). W3C bekerja dengan komunitas global untuk membuat standard internasional client dan server yang memungkinkan perdagangan dan komunikasi online melalui internet. W3C juga menghasilkan software acuan. W3C Netscape Communications Corporation adalah salah satu anggota pendiri. Konsorsium ini dijalankan oleh MIT LCS, INIRA Institute national the Recherce en Informatique sebuah lembaga peneletian ilmu komputer perancis, bekerja sama dengan CERN Consei Europpen pour le Recherce Nulcleaire, tampat lahirnya Web.
W3C didanai oleh industri yang menjadi angggotanya, tetapi produknya tersedia gratis. Direktur W3C adalah tim Berners-Lee yang menemukan world wide web di CERN. W3C (World Wide Web Consortium), standar dari berbagai macam penyedia jasa untuk pembangunan dari teknologi yang berhubungan dengan Web, seperti HTML. W3C bekerja dengan tujuan umum membuat Web dapat diakses oleh semua user (lepas dari batasan budaya, pendidikan, keahlian, lokasi, keadaan lingkungan dan psikososial).
Karena Web begitu penting (meliputi segala aspek), tidak ada satu organisasipun yang dapat berdiri sendiri mengembangkan setiap bagian teknologi itu, W3C memberikan suatu wadah untuk bisa mengembangkan secara bersama. Perusahaan anggota utama dari organisasi itu adalah :IBM,Microsoft, America Online, Apple, Adobe Macromedia, SunMicrosystems selain anggota-anggota tersebut masih banyak lagi lembaga-lembaga baik pemerintahan maupun swasta yang turut andil dalam perkembangan W3C.
Organisasi ini sampai dengan Februari 2012 sudah memiliki 345 anggota di seluruh dunia, terdiri dari berbagai perusahaan, organisasi, universitas diantaranya seperti apple inc, baidu inc, fujitsu, facebook, ericsson dan yang lainnya. Didirikan pada tahun 1994 dan diketuai oleh sang penemu web sendiri Sir Tim berners lee.
Satu hal penting yang dilakukan oleh W3C adalah membangun spesifikasi pembangunan Web (yang disebut dengan “Rekomendasi W3C”) yang mana mendefinisikan protokol komunikasi (seperti HTML dan XML) serta masih banyak lagi. Dengan adanya rekomendasi baru ini maka para developer perangkat internet seperti web browser harus menyesuaikan agar nantinya fasilitas baru itu dapat digunakan dalam browser mereka.
Salah satu layanan standarisasi yang di berikan adalah rekomendasi untuk layanan web design yang berkaitan dengan penggunaan bahasa scripting seperti HTML, XML, XHTML, CSS, DOM, SVG dan lain sebagainya. Untuk mengenal lebih jauh istilah-istilah tersebut kunjungi www.w3schools.com salah satu online web tutorial dari W3C.
Salah satu aplikasi keluarannya yang masih berhubungan dengan web tool design adalah berupa Validator.alat untuk memvalidasi (mengabsahkan) sebuah file dalam Web (website/web blog) yang tersedia secara online dan gratis di situs resminya.

Ada beberapa validator yang di keluarkan di antaranya :

Buat yang suka customize CSS bisa validasikan hasil kreasi CSS disini. Atau download aplikasinya langsung yang tersedia di bagian bawah halamannya (file jar).

Untuk mengecek validitas tipe dokumen file sebuah web.

Berguna untuk menilai seberapa ramah Webmu melalui tampilan mobile. Atau ke Mobile page tester juga bisa di luar W3C.

Berikut standar yang dibuat oleh W3C

CGI
Adalah singkatan dari Common Gateway Interface merupakan sebuah hubungan interaktif antar client (browser) dan server. Dimana client (browser) dapat mengirimkan suatu masukkan kepada server dan server mengolah masukkan tersebut kemudian mengembalikkannya kepada client (browser).Untuk bisa menggunakan CGI maka hal pertama yang harus dilakukan adalah server yang digunakan harus menggunakan sistem operasi UNIX (beserta variantnya). Namun tidak semua sistem operasi UNIX dapat digunakan untuk menangani CGI.Program CGI dibuat dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh sistem seperti C/C++, Visual Basic dan lain lain. Tetapi pemilihan bahasa juga tergantung pada sistem yang digunakan. Jika kita menggunakan bahasa pemrograman C maka program yang kita buat harus dicompile terlebih dahulu sebelum dijalankan sehingga pada server akan terdapat source code dan hasil dari compilasi. Namun banyak orang lebih suka menggunakan script CGI dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya karena lebih mudah di-debug dan dimodifikasi.

XML
Adalah merupakan singkatan dari Extensible Markup Languange merupakan sebuah bahasa markup yang telah disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML (Hypertext Markup Language) yang merupakan bahasa standard untuk melacak internet.XML adalah sebuah himpunan bagian (subset) dari SGML(Standart Generalized Markup Language) yang bertujuan agar SGML secara generik dapat melayani, menerima dan memproses di dalam web dengan cara seperti yang dimungkinkan HTML saat ini. HTML di desain untuk kemudahan implementasi dan interoperabilitas dengan SGML maupun HTML. XML adalah bahasa markup yang dirancang untuk penyampaian informasi melalui World Wide Web(www) atau sering disebut web saja. (W3C,2000)

XHTML
XHTML harus memiliki keteraturan bentuk (mengikuti sintaks yang tepat), dokumen XHTML dapat diproses secara otomatis dengan menggunakan standar pemroses XML, tidak seperti HTML yang membutuhkan pemrosesan yang cukup sulit dan kompleks. XHTML dianggap sebagai gabungan dari XML dan HTML karena merupakan sebuah formulasi XHTML
Merupakan singkatan dari Extensible Hypertext Markup Languange. XHTML adalah bentuk dari reformulasi dari HTML menggunakan paradigma XML.
XHTML adalah bahasa lanjutan dan pengembang dari HTML yang memiliki kemampuan yang kurang lebih mirip dengan HTML, akan tetapi dengan aturan sintaks yang lebih ketat. HTML adalah merupakan aplikasi dari SGML(Standart Generalized Markup Language) yang sangat fleksibel, sedangkan XHTML merupakan aplikasi dari XML, turunan dari SGML yang sangat terbatas.
HTML dalam bentuk XML.XHTML 1.0 telah menjadi rekomendasi W3C atau World Wide Web Consortium pada tanggal 26 Januari 2000.