Pergantian Pimpinan Pengadilan Agama Temanggung

Setelah dijabat oleh Dra. Hj. Mahmudah, M.H. selama kurang lebih 4 (empat) tahun, Pengadilan Agama Temanggung mengalami pergantian posisi Ketua. Adalah Drs. Moh. Mukti, Wakil Ketua Pengadilan Agama Wonogiri yang mendapatkan tugas baru menjadi Ketua Pengadilan Agama Temanggung. Mutasi tersebut berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 18/KMA/SK/VIII/2018 tanggal 9 Agustus 2018. Untuk Dra. Hj. Mahmudah, M.H. sendiri mendapatkan promosi menjadi Hakim pada Pengadilan Agama Semarang. Perpindahan Dra. Hj. Mahmudah, M.H. termasuk dalam kategori promosi karena semula bertugas di Pengadilan Agama Kelas IB kemudian pindah Pengadilan Agama Semarang Kelas IA.

Untuk pelantikan Ketua dilaksanakan di Gedung Gradhika Bakti Praja Provinsi Jawa Tengah pada hari Kamis (27/09/2018) oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang. Pada kesempatan tersebut terdapat 3 orang Ketua yang dilantik yaitu:

  1. Moh. Mukti (Ketua Pengadilan Agama Temanggung, sebelumnya Wakil Ketua Pengadilan Agama Wonogiri).
  2. Faizal Kamil, S.H., M.H. (Ketua Pengadilan Agama Purbalingga, sebelumnya Wakil Ketua Pengadilan Agama Cianjur).
  3. Hj. Lelita Dewi, S.H., M.Hum. (Ketua Pengadilan Agama Ambarawa, sebelumnya Wakil Ketua Pengadilan Agama Ambarawa).

Rangkaian acara diawali dengan prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah dan diakhiri dengan penandatanganan Pakta Integritas. Dalam sambutannya, Ketua PTA Semarang Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H. menyampaikan bahwa ekspektasi publik sangat tinggi terhadap layanan lembaga peradilan, untuk mewujudkan hal tersebut Aparatur peradilan dituntut bergerak cepat untuk mengantisipasi perubahan-perubahan yang ada dengan meningkatkan kualitas layanan serta melakukan inovasi terhadap bentuk-bentuk layanan publik yang diberikan oleh lembaga peradilan.

Para Ketua harus mampu membangun sinergi dengan seluruh warga pengadilan di wilayahnya dalam memenuhi tuntutan publik terhadap layanan lembaga peradilan yang berkualitas, dan bermartabat, sehingga dapat memberikan pelayanan yang prima. Kepada Pejabat yang baru dilantik Ketua PTA Semarang mengucapkan selamat atas jabatan baru yang diemban semoga dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya dan mampu memberikan inovasi yang segar untuk masing-masing institusinya. Kepada pejabat yang mutasi keluar PTA Semarang, semoga ditempat tugas yang baru dapat berkarya lebih baik dan lebih sukses menjalankan tugas yang diemban.

Selanjutnya untuk Dra. Hj. Mahmudah, M.H. setelah serah terima jabatan bersamaan dengan pelantikan Ketua baru maka selanjutnya dilantik di Pengadilan Agama Semarang. Pelantikan dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2018 di Pengadilan Agama Semarang. Turut mengantar pelantikan adalah perwakilan Pengadilan Agama Temanggung, yang dipimpin oleh Panitera Pengadilan Agama Temanggung. Dalam sambutannya pasca pelantikan, Dra. Hj. Mahmudah, M.H. menyampaikan bahwa kepindahan ini adalah kepindahan yang kesekian kalinya. Untuk wilayah Jawa Tengah ini adalah kepindahan untuk kali yang kedua. Beliau juga menyampaikan profil keluarga beliau dan memohon bimbingan kepada Ketua Pengadilan Agama Semarang selama nanti bertugas di Semarang

Dalam sambutannya, Drs. Anis Fuadz, S.H., Ketua Pengadilan Agama Semarang mengucapkan selamat datang kepada Ibu Mahmudah. Hampir semua Hakim pada Pengadilan Agama Semarang adalah mantan Ketua atau Wakil Ketua Pengadilan Agama, termasuk Ibu Mahmudah. Oleh karena itu beliau mengharapkan kepada Ibu Mahmudah agar bersama dapat saling menjalin komunikasi dengan segenap unsur pimpinan agar kebijakan kantor lama yang baik dapat diterapkan di Pengadilan Agama Semarang.

Akhirnya segenap Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Temanggung mengucapkan Selamat datang kepada Drs. Moh. Mukti dan selamat bertugas di tempat baru untuk Dra. Hj. Mahmudah, M.H.