Rangkaian Peringatan HUT Mahkamah Agung RI Tahun 2018 di Temanggung

Sebagai bagian dari Mahkamah Agung, Pengadilan Agama Temanggung turut serta memeriahkan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung ke-73 tahun yang jatuh pada hari Minggu tanggal 19 Agustus 2018. Walaupun pada hari Minggu peringatan ulang tahun Mahkamah Agung di Temanggung tetap  berjalan dengan semarak dan diikuti seluruh pegawai tanpa kecuali. Suasana yang dipilih ada suasana olahraga, apalagi tahun ini kebetulan bertepatan dengan Indonesia yang menjadi tuan rumah Asian Games. Pembukaan Asian Games sendiri dilaksanakan 18 Agustus 2108

Sesuai dengan Surat Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 1074/SEK/HM.01.2/08/2018, upacara peringatan ulang tahun Mahkamah Agung RI dilaksanakan di salah satu kantor Pengadilan. Sesuai hasil koordinasi, upacara diselenggarakan di Pengadilan Negeri Temanggung karena kondisi kantor Pengadilan Agama Temanggung tidak memadai untuk dilaksanakan upacara dengan jumlah peserta yang cukup banyak. Untuk upacara kali ini diikuti oleh Hakim, Pegawai, Pramubakti dan Dharmayukti Karini.

Upacara dilaksanakan tepat pada pukul 07.30 dengan Inspektur Upacara Ketua Pengadilan Negeri Temanggung, Ikhwan Hendrato, S.H., M.H. Pada amanatnya, yang merupakan amanat Ketua Mahkamah Agung RI, beliau menyampaikan bahwa tuntutan masyarakat akan layanan yang prima dari Pengadilan semakin meninggi karena akses informasi yang semakin terbuka dan masif. Mau tidak mau pelayanan harus senantiasa ditingkatkan agar kepercayaan publik terhadap lembaga peradilan juga semakin meningkat.

Sesuai dengan tema Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung yaitu “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”, Mahkamah Agung membuat berbagai terobosan pemanfaatan teknologi informasi dalam proses peradilan. Terobosan yang terpenting adalah implementasi SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) yang terintegrasi dengan SIAP (Sistem Informasi Administrasi Perkara) dan Direktori Putusan untuk semua lingkungan peradilan. Mahkamah Agung juga membuat lompatan besar dengan mengeluarkan Perma Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan secara Elektronik yang menjadi payung hukum persidangan elektronis atau e-Court. Fasilitas e-Court ini meliputi pendaftaran perkara secara online (e-Filling), pembayaran panjar perkara melalui virtual account (e-Payment) dan pemanggilan elektronik (e-Summon).

 

Inspektur Upacara juga menyampaikan dalam amanatnya bahwa untuk menyikapi e-Court, Pengadilan Negeri Temanggung dan Pengadilan Agama Temanggung rencananya akan melakukan sosialiasi kepada para advokat di Temanggung akan penggunaan e-Court. Walaupun bukan menjadi Pengadilan percontohan pelaksanaan e-Court, namun pada prinsipnya Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Temanggung siap melaksanakan e-Court dan perlu segera mensosialisasikan hal tersebut kepada para advokat.

Setelah dilaksanakan upacara, agenda selanjutnya adalah foto bersama yang dilanjutkan dengan senam. Ada 3 jenis senam yang dilaksanakan, namun yang paling mengundang antusias adalah Senam Poco-Poco Asian Games dan Senam Goyang Maumere. Tanpa ada jarak, seluruh aparatur Pengadilan Negeri dan Pengadian Agama Temanggung mengikuti senam tersebut dengan penuh semangat. Sebagai instruktur adalah 2 (dua) orang pegawai Pengadilan Negeri Temanggung.

Khusus untuk Pengadilan Agama Temanggung, setelah upacara dan senam acara masih berlanjut dengan berpindah ke Kantor Pengadilan Agama Temanggung. Mengikuti agenda yang direncanakan, acara selanjutnya adalah tasyakuran Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI serta Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung dan dilanjutkan dengan pembagian hadiah lomba dan doorprize. Acara tasyakuran dikemas dengan acara pemotongan tumpeng. Pemotongan tumpeng dilaksanakan oleh Ketua Pengadilan Agama Temanggung, Dra. Hj. Mahmudah, M.H., dan diserahkan kepada Panitera, Mokhamad Miftah, S.Ag.

“Alhamdulillah perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI tahun ini dapat berlangsung dengan meriah. Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang dapat memberikan hadiah doorprize yang lebih bervariasi daripada tahun kemarin. Hadiah utama doorprize untuk tahun ini seperti yang disampaikan oleh Ketua Panitia adalah Mesin Cuci yang disponsori oleh BRI Cabang Temanggung” kata Ibu Mahmudah dalam sambutannya.

Sebagai informasi, beberapa pihak yang menjadi sponsor acara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung adalah BRI Cabang Temanggung, C.V. Aditya, Toko Mekar Jaya serta IKAHI Cabang Temanggung. Terdapat 5 hadiah doorprize utama dengan pemenangnya adalah:

  1. Siti Jamaliyah Candrawati (Staf PNS), mendapatkan hadiah Mesin Cuci
  2. Wiwiyana (Staf Pramubakti), mendapatkan hadiah Kompor Gas
  3. Rokhmat, M.S.I. (Panitera Muda Hukum), mendapatkan hadiah Dispenser.
  4. Suhesti Retnaningsih (Jurusita Pengganti), mendapatkan hadiah Blender
  5. Ibu Fitri Soim S (Dharmayukti Karini), mendapatkan hadiah Setrika

Selain doorprize utama terdapat beberapa doorprize lain yang diterima oleh para Hakim, Pegawai maupun keluarga Pengadilan Agama Temanggung. Acara tasyakuran berlangsung dengan sangat meriah dan penuh keakraban dengan dipandu oleh Mr. John alias Moh. Amin, SH, MH dan Suhesti Retnaningsih.

Acara tasyakuran selesai sekitar pukul 12.00 WIB namun bukan berarti keseluruhan acara sudah selesai. Masih ada acara selanjutnya yang cukup ditunggu-tunggu bagi para Mancing Mania yaitu memancing ikan bersama. Bertempat di kolam pemancingan di Desa Nampirejo Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung. Acara ini khusus disponsori oleh Ketua dan Panitera yang ternyata punya hobi memancing. Bagi pegawai dan keluarga yang tidak mempunyai acara di rumah dipersilahkan untuk ikut acara memancing bersama ini. Yang ada agenda sendiri diizinkan untuk pulang. Acara memancing ini pun ternyata cukup mengundang antusiasme para keluarga besar Pengadilan Agama Temanggung, terutama anak-anak yang berlomba untuk mendapat ikan terbanyak.

Rangkaian kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI serta Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung berakhir sekitar pukul 17.30 setelah makan bersama hasil pancingan. Selamat Ulang Tahun Republik Indonesia. Selamat Ulang Tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia. Jayalah Indonesia. Jayalah Mahkamah Agung