Rapat Anggaran Tahun 2018

MEMASUKI Tahun 2018, Pengadilan Agama Temanggung disamping akan melaksanakan tugas rutin harian juga akan menerapkan SAPM (Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu). Oleh karena itu Senin (08/01/2018) di Ruang Ketua Pengadilan Agama Temanggung diadakan rapat koordinasi perencanaan pelaksanaan anggaran tahun 2018. Rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua tersebut diikuti oleh seluruh pejabat Kesekretariatan yang merupakan Tim Pengelola Anggaran, Pejabat Kepaniteraan dan Hakim Pengawas Bidang Kesekretariatan.

Pada kesempatan awal Fathul Yasir Fuadi (Kasubbag Perencanaan, TI & Pelaporan) menyampaikan hal-hal penting dalam anggaran Pengadilan Agama Temanggung. Disampaikan bahwa secara umum pagu anggaran tahun 2018 yang diterima turun dibandingkan dengan tahun sebelumnya terutama pada alokasi Belanja Barang dan Belanja Modal. Belanja Barang turun sekitar 10 juta sementara Belanja Modal hanya mendapat Rp. 37.500.000 jauh berkurang dari sebelumnya yang mencapai Rp. 350.000.000.

Turunnya pagu belanja modal tersebut menurut Fathul karena pengusulan anggaran pembangunan gedung yang menjadi fokus pengusulan untuk tahun anggaran 2018 masih belum dapat sehingga Pengadilan Agama Temanggung hanya mendapat alokasi anggaran modal yang merupakan program nasional Mahkamah Agung.

Dalam arahannya Ketua Pengadilan Agama Temanggung, Dra. Hj. Mahmudah, M.H., menyampaikan agar pelaksanaan anggaran antara Kesekretariatan dan Kepaniteraan selalu saling berkordinasi terutama yang berkaitan dengan pelayanan kepada para pihak, pembebasan biaya perkara dan Pos Bantuan Hukum. Segala progress pelaksanaan anggaran juga agar selalu dilaporkan kepada Ketua dan agar dipublikasikan agar dapat diakses masyarakat secara umum.