Hakim dan Tenaga Teknis Kepaniteraan PA Temanggung Ikuti Bimtek Bertema “Kaidah-kaidah Hukum Dalam Putusan Yang Berkeadilan” (27/10/2023)

Written by Super User on .

Written by Super User on . Hits: 442

Hakim dan Tenaga Teknis Kepaniteraan PA Temanggung Ikuti Bimtek Bertema “Kaidah-kaidah Hukum Dalam Putusan Yang Berkeadilan”

 bimtek27

Temanggung - Jum’at (27/10/2023) pukul 07.55 WIB Hakim dan dan tenaga teknis Kepaniteraan Pengadilan Agama temanggung mengikuti Bimtek yang digelar oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Dirjen Badilag) yang bertema “Kaidah-kaidah Hukum Dalam Putusan Yang Berkeadilan”

Plt Direktur Ditjen Badilag, Bambang H. Mulyono, S.H., M.H., dalam sambutannya,menekankan pentingnya keseriusan peserta dalam mengikuti dan menyerap materi yang akan disampaikan oleh narasumber.

“Dengan demikian  diharapkan akan membantu mencapai tujuan BIMTEK dengan baik, yaitu peningkatan kompetensi dalam sistem peradilan agama,” lanjut beliau.

Narasumber dalam kegiatan yang  diikuti oleh seluruh lembaga peradilan agama secara daring  ini yaitu Y.M. Drs. H. Busra., S.H., M.H., Hakim Agung Kamar Agama Mahkamah Agung RI.

Beliau menjelaskan mengenai kaidah-kaidah hukum yang menjadi fokus utama tema BIMTEK. Kaidah hukum merupakan peraturan hidup yang berisikan perintah, larangan, dan asas yang dibuat oleh lembaga resmi untuk mewujudkan keadilan dan ketertiban masyarakat.

Beliau juga menyoroti sifat kaidah hukum yang dapat bersifat imperativ yaitu yang mengikat dan memaksa untuk ditaati, serta bersifat fakultatif yaitu sebagai pelengkap, sementera kaidah hukum tersebut bersumber dari sumber-sumber hukum terutama yurisprudensi.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Temanggung

Jl.Pahlawan Nomor 03 Temanggung

Telp : 0293 - 491161

Email Umum : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Email Delegasi : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengadilan Agama Temanggung (c) 2019